Ketahui Jenis Kulit Si Kecil Untuk Menentukan Sabun Cuci Pakaian Yang Cocok

Adanya kehadiran si kecil dalam kehidupan anda tentu saja menjadi sebuah anugerah, dan juga menjadi hal yang harus disyukuri bersama. Namun untuk pasangan muda atau pasangan dengan anak pertama sering kali merasa kebingungan dengan hal – hal yang menyangkut si kecil, terutama jika muncul alergi maupun ruam kemerahan pada kulit bayi.
 
Jenis kulit bayi
 
Dilansir dari Jejak Biru, tidak semua bayi memiliki karakteristik yang sama. Sama seperti orang dewasa, kulit bayi juga terbagi berdasarkan beberapa karakteristiknya.
 
Jenis kulit ini yang tentu saja harus orang tua ketahui untuk merawat kulit si kecil dan juga mencegah terjadinya iritasi serta alergi pada kulit si kecil.

1. Kulit normal
Jika kulit si kecil terasa lembut dan halus saat disentuh, tidak ada ruam kemerahan  ataupun pecah-pecah, jenis kulit si kecil adalah kulit normal

2. Kulit kering
Kulit yang bersisik, terasa kasar saat tersentuh, dan juga kadang mengelupas adalah ciri-ciri jenis kulit si kecil adalah kulit kering

3. Kulit atopik (dermatitis atopik) Kulit atopic adalah jenis kulit yang paling sensitive dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Ditandai dengan adanya rasa gatal, kasar dan sangat kering, juga sering munculnya bercak merah terutama di pipi, lengan, dan juga lipatan kulit

Hal yang harus diperhatikan terkait jenis kulit si kecil

Selain sabun mandi yang digunakan untuk si kecil, anda juga harus selalu jeli memperhatikan penggunaan sabun cuci yang anda gunakan. Hal tersebut dikarenakan pakaian langsung menyentuh kulit si kecil. Besar kemungkinannya iritasi atau alergi dapat disebabkan oleh penggunaan sabun cuci pakaian.

Untuk si kecil dengan jenis kulit normal, anda tidak perlu kesusahan memilih sabun cuci pakaian karena kulit si kecil tidak memiliki keluhan yang berarti.
Pilih produk dengan kandungan bahan alami yang dapat melembabkan seperti susu kambing, minyak kelapa atau minyak zaitun untuk si kecil dengan jenis kulit kering.

Si kecil dengan jenis kulit atopic harus mendapat perhatian lebih. Gunakan Sabun cuci bayi khusus alergi agar si kecil terhindar dari segala jenis kandungan yang menyebabkan alergi karena bayi dengan jenis kulit atopic sangat sensitive dengan kandungan kimia.
 
Sumber: 

Jejakbiru - Tempat Sharing dan Berbagi Pengalaman. Kategori ulasan mengenai Gaya hidup modern